-->

Iklan

Lembar Kerja Modul Pkb 2017 Kompetensi Pedagogik


MODUL KKB-2 PEDAGOGIK : TEORI BELAJAR

Untuk memantapkan pemahaman wacana teori belajar, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1.      Cermati ilustrasi berikut ini!

Dalam pembelajaran bahasa, siswa perlu diberi stimulus supaya muncul respon siswa. Agar  stimulus tersebut sanggup bertahan, guru perlu memperlihatkan ganjaran atau hadiah.

Tentukanlah aliran teori mencar ilmu yang sesuai dengan ilustrasi tersebut!

2.   Tuliskan prinsip-prinsip pembelajaran!

3. Cermati ilustrasi berikut ini!

Anak memiliki dorongan untuk berbuat sesuatu, memiliki kemauan dan aspirasinya sendiri. Belajar tidak sanggup dipaksakan oleh orang lain dan juga tidak sanggup dilimpahkan kepada orang lain. Belajar hanya mungkin terjadi apabila anak aktif mengalami sendiri.

Jelaskan prinsip pembelajaran yang sesuai dengan ilustrasi tersebut!

 4. Tuliskan empat aliran teori belajar!

5. Jelaskan pengertian teori mencar ilmu humanistik dan aliran sibernetik!

6. Jelaskan pengertian keaktifan dan pengulangan dalam prinsip-prinsip pembelajaran!

7. Tuliskan perbedaan teori mencar ilmu behaviorisme dengan humanistik!

8. Jelaskan perbedaaan antara pengertian keaktifan dan keterlibatan eksklusif dalam prinsip pembelajan.

  

KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN LK

MODUL KKB-2 PEDAGOGIK : TEORI BELAJAR

1. Teori mencar ilmu yang sesuai dengan ilustrasi tersebut yakni teori mencar ilmu behaviorisme

2. Prinsip-prinsip pembelajaran yakni:

a.          Perhatian dan Motivasi

b.         Keaktifan

c.          Keterlibatan Langsung/ Berpengalaman

d.         Pengulangan

e.          Tantangan

f.          Balikan atau penguatan

g.         Perbedaan Indiviual

3. Prinsip pembelajaran yang sesuai dengan ilustrasi tersebut yakni prinsip keaktifan.

4. Empat aliran teori belajar

a.       Aliran behavioristik.

b.      Aliran konstruktivisme

c.       Aliran humanistik

d.      Aliran Sibernetik

5. Pengertian teori mencar ilmu humanistik dan aliran sibernetik sebagai berikut:

Teori Belajar Humanistik
Teori Belajar Sibernetik
Menurut teori humanistik, tujuan mencar ilmu yakni untuk memanusiakan manusia. Proses balajar dianggap berhasil jikalau seorang pelajar telah memahami lingkungannya dan dirinya sendiri.. Teori mencar ilmu ini berusaha memahami sikap mencar ilmu dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Peran guru dalam teori ini yakni sebagai fasilitator bagi para siswa sedangkan guru memperlihatkan motivasi, kesadaran mengenai makna kehidupan siswa.
Menurut teori sibernetik, mencar ilmu yakni pengolahan atau pemrosesan informasi. Teori ini berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi dan ilmu informasi. Teori ini juga lebih mementingkan system isu dari pesan atau bahan yang dipelajari. Bagaimana proses mencar ilmu akan berlangsung sangat ditentukan oleh system isu dari pesan tersebut. Oleh alasannya yakni itu, teori subernetik berasumsi bahwa tidak ada satu jenispun cara mencar ilmu yang ideal untuk segala situasi. Karena cara mencar ilmu sangat ditentukan oleh sistem informasi







6. Pengertian keaktifan dan pengulangan dalam prinsip-prinsip pembelajaran yaitu:

Pada keaktifan, anak memiliki dorongan untuk berbuat sesuatu, memiliki kemauan dan aspirasinnya sendiri. Belajar tidak sanggup dipaksakan oleh orang lain dan juga tidak sanggup dilimpahkan kepada orang lain. Belajar hanya mungkin terjadi apabila anak aktif mengalami sendiri.

Pada pengulangan, dijelaskan bahwa mencar ilmu ialah pembentukan hubungan antara stimulus dan respons, dan pengulangan terhadap pengalamanpengalaman itu memperbesar peluang timbulnya respons benar. Pengulangan dalam mencar ilmu akan melatih daya-daya yang ada pada insan yang terdiri atas daya mengamat, menanggap, mengingat, mengkhayal, merasakan, sampai berfikir yang akan menciptakan daya-daya tersebut berkembang.

7. Perbedaan teori mencar ilmu behaviorisme dengan humanistik yaitu:

Teori Belajar Behaviorisme
Teori Belajar Humanistik
Menurut teori ini, semua perilaku, termasuk tindak balas (respons) ditimbulkan oleh lantaran adanya ransangan (stimulus).
Teori behavioristik dengan model hubungan stimulus-responnya, mendudukkan orang yang mencar ilmu sebagai individu yang pasif. Respon
atau sikap tertentu dengan memakai metode training atau adaptasi semata. Munculnya sikap akan semakin berpengaruh bila
diberikan penguatan dan akan menghilang bila dikenai hukuman.
Menurut teori humanistik, tujuan mencar ilmu yakni untuk memanusiakan manusia. Proses balajar dianggap berhasil jikalau seorang pelajar telah memahami lingkungannya dan dirinya sendiri.. Teori mencar ilmu ini berusaha memahami sikap mencar ilmu dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Peran guru dalam teori ini yakni sebagai fasilitator bagi para siswa sedangkan guru memperlihatkan motivasi, kesadaran mengenai makna kehidupan siswa. Guru memfasilitasi pengalaman mencar ilmu kepada siswa dan mendampingi siswa untuk memperoleh tujuan pembelajaran. Siswa berperan sebagai pelaku utama yang memaknai.



8. Perbedaaan antara keaktifan dengan keterlibatan eksklusif dalam prinsip pembelajaran yaitu:

Keaktifan
Keterlibatan Langsung/Berpengalaman
Anak memiliki dorongan untuk berbuat sesuatu, memiliki kemauan dan aspirasinnya sendiri. Belajar tidak sanggup dipaksakan oleh
orang lain dan juga tidak sanggup dilimpahkan kepada orang lain. Belajar hanya mungkin terjadi apabila anak aktif mengalami sendiri
Belajar yakni mengalami, mencar ilmu tidak sanggup dilimpahkan kepada orang lain. Dalam mencar ilmu melalui pengalaman eksklusif siswa tidak hanya mengamati secara eksklusif tetapi ia harus menghayati, terlibat eksklusif dalam perbuatan, dan bertanggung jawab terhadap hasilny

MODUL LENGKAP, SOAL KK PROFESIONAL BACA DI SINI
MODUL LENGKAP, LK, SOAL KK PEDAGOGIK BACA DI SINI

0 Response to "Lembar Kerja Modul Pkb 2017 Kompetensi Pedagogik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel