-->

Iklan

Panduan Penyusunan Rpp Kurikulum 2013 Revisi 2017

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibentuk harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya.

RPP TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DRAF RPP KELAS XII KUR 13

KELAS XI/1

RPP KD 3.1 dan 4.1 TEKS PROSEDUR KELAS XI SEMESTER 1 SMA/SMK KLIK https://cozycornerpendidikan.blogspot.com//search?q=rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-k13

KELAS X/1


BACA
CONTOH RPP K13 REVISI 2017 (INTEGRASI PPK, LITERASI, 4C, HOTS) SMA

1. mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.

(BACA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013)

2. Mengintegrasikan literasi;

BACA KONSEP LITERASI DAN CONTOH PROGRAM LITERASI

3. Mengintegrasikan keterampilan era 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);

(BACA ARTI 4C) DAN (IMPLEMENTASI 4C DALAM PEMBELAJARAN K13)

4.  Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill.

(UNDUH PENGEMBANGAN SOAL HOTS ppt.)

Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan banyak sekali agenda dan kegiatan pendidikan aksara yang sudah dilaksanakan hingga sekarang.

Pengintegrasian sanggup berupa :

a. pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);

b. pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;

c. pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;

perdalaman dan ekspansi sanggup berupa:

1) penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan aksara siswa,

2) penambahan dan penajaman kegiatan berguru siswa, dan pengaturan ulang waktu berguru siswa di sekolah atau luar sekolah;

3) penyelerasan sanggup berupa pembiasaan kiprah pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.

Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah yakni kemampuan mengakses, memahami, dan memakai sesuatu secara cerdas melalui banyak sekali kegiatan antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menyebabkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun meliputi keterampilan berpikir memakai sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi sanggup dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).

Keterampilan era 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang bersama-sama ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.  Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, era di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan era 21 sangat penting, 4 C adalah  jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

 Higher Order of Thinking Skill (HOTS) yakni kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya hingga metakognitif yang mensyaratkan penerima didik bisa untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; penilaian merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan menurut fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Maka mustahil lagi memakai model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus untuk PPK merupakan agenda yang rencananya akan diubahsuaikan dengan 5 hari berguru atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.

by eni kuswati
Sumber FB

PANDUAN LENGKAP

PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Di bawah ini yakni petunjuk cara menulis RPP menurut pola format dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 ihwal Standar Proses dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 ihwal Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah,
 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1)
Sekolah : … (Misal: SMP Negeri 2 Bantur)
Mata Pelajaran : ... (Misal: Bahasa Indonesia)
Kelas/Semester : … (Misal: VII/Satu)
Materi Pokok : ... (Misal: Teks Deskripsi)
Alokasi Waktu : … (Misal: 3 Pertemuan (6 JP))
A. Kompetensi Inti
Petunjuk: Tulis keempat KI
CONTOH
1. Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan bencana tampak mata.
4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah aneh sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Petunjuk:
1. Rumuskan 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD.
2. Indikator merupakan jabaran dari KD.
3. Indikator pencapaian kompetensi adalah: (a) sikap yang sanggup diukur dan/atau diobservasi untuk kompetensi dasar (KD) pada kompetensi inti (KI)-3 dan KI-4; dan (b) sikap yang sanggup diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI-1 dan KI-2.
4. Indikator KD dari KI-3 meliputi pengetahuan faktual, konseptual, procedural dan/atau metakognitif sesuai tuntutan/kandungan KD dengan kemampuan kognitif mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan/atau mencipta.
CONTOH


KD
Indikator
KD dari KI-1 (bila ada)
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
KD dari KI-2 (bila ada)
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
KD dari KI-3
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi.
KD dari KI-4
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi.


C. Tujuan Pembelajaran
Petunjuk:
1. Rumuskan 1 (satu) atau lebih tujuan pembelajaran untuk setiap indikator pencapaian kompetensi.
2. Dalam hal indikator pencapaian kompetensi sangat spesifik dan tidak sanggup diuraikan lagi, rumusan tujuan pembelajaran sama dengan indikator pencapaian kompetensi tersebut.
3. Apabila sebuah indikator pencapaian kompetensi masih sanggup dirinci lagi, indicator pencapaian kompetensi tersebut dijabarkan ke dalam lebih dari 1 (satu) tujuan pembelajaran.
4. Tujuan pembelajaran mengandung unsur: audience (A), behavior (B), condition (C), dan degree (D).
5. Tujuan pembelajaran dirumuskan untuk masing-masing pertemuan.
CONTOH
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran penerima didik dapat:
1. ...
2. ...
3. ...
dst.
Pertemuan kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran penerima didik dapat:
1. ...
2. ...
3. ...
dst.
Fokus penguatan karakter:
(Tulis satu, dua, atau tiga nilai sikap utama yang hendak secara terpola ditanamkan/ditumbuhkan melalui pembelajaran yang direncanakan melalui RPP ini.Nilai-nilai sikap utama yang dimaksud yakni nilai-nilai sikap sebagaimana terkandung dalam kompetensi inti sikap spiritual dan sikap sosial serta nilai-nilai utama yang diprioritaskan oleh pemerintah dan satuan pendidikan yang bersangkutan.Nilai-nilai yang dijadikan fokus dipilih menurut kesesuaiannya dengan materi/kompetensi yang dibelajarkan dan/atau metode pembelajaran yang diterapkan.Butir nilai sikap dituliskan dalam kata benda).
Contoh: kejujuran, kedisiplinan
D. Materi Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi yang dicakup untuk materi
pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
2. Butir-butir materi yang dimaksud harus relevan dengan indikator pencapaian kompetensi yang meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan/atau metakognitif sesuai tuntutan/ kandungan KD
CONTOH
Materi pembelajaran
… (Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi sebagaimana dicakup oleh KD).
a. Teks ... (contoh teks terlampir)
b. Fungsi sosial teks ... (uraian singkat terlampir)
c. Struktur teks ... (uraian singkat terlampir)
d. Ciri kebahasaan: ... (uraian singkat terlampir)
e. Tanda baca/pengucapan/intonasi ... (uraian singkat terlampir)
E. Metode Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis satu atau lebih metode pembelajaran yang diterapkan.
2. Metode pembelajaran yang dipilih yakni pembelajaran aktif yang efektif dan efisien memfasilitasi penerima didik mencapai indikator-indikator KD beserta kecakapan era ke-21.
CONTOH
Pembelajaran dengan Metode Ilmiah Bahasa Indonesia SMP Kelas VII 2017
F. Media dan Bahan
Petunjuk:
a. Media
Tulis spesifikasi semua media pembelajaran (video/film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dan sebagainya).
Contoh:
a. Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
b. Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
c. Model: Nama model yang dimaksud
d. Gambar: Judul gambar yang dimaksud
e. Realia: Nama benda yang dimaksud
b. Bahan
Tulis spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran) semua materi yang diperlukan.
G.Sumber Belajar
Petunjuk:
Tulis spesifikasi semua sumber berguru (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dan sebagainya.).
Contoh:
1. Buku siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
2. Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
3. Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel. Nama majalah, Volume, Nomor,
Tahun, (halaman).
4. Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
5. Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan).
6. Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud.
7. Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya.
8. Lainnya (sesuai dengan hukum yang berlaku).
H.Langkah-langkah Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis kegiatan pembelajaran untuk setiap pertemuan yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
2. Kegiatan pembelajaran pada Kegiatan Pendahuluan dan Kegiatan Penutup ditulis dalam rumusan kegiatan yang dilakukan oleh guru yang sanggup dilengkapi dengan rumusan kegiatan penerima didik secara terintegrasi – tidak dalam kalimat terpisah.
3. Kegiatan pembelajaran pada Kegiatan Inti ditulis dalam rumusan kegiatan penerima didik yang sanggup dilengkapi dengan rumusan kegiatan guru – dalam kalimat terpisah.
4. Langkah-langkah dan kegiatan pembelajaran pada Kegiatan Inti menyesuaikan sintaks dan prinsip-prinsip berguru dari metode yang diterapkan.
5. Tulis jumlah jam pertemuan (JP) untuk setiap pertemuan dan alokasi waktu untuk kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
Contoh:
1. Pertemuan Pertama: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
1) Guru … untuk mengondisikan suasana berguru yang menyenangkan.
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3) Guru memberikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu … dan menunjukkan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu ….
4) Guru memberikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu ….
5) Guru memberikan lingkup penilaian, yaitu … dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu ….
b. Kegiatan Inti (60 menit)
Bahasa Indonesia SMP Kelas VII 2017
Contoh dengan Metode Saintifik:
Mengamati
Misal: Peserta didik mengamati gunung Merapi yang meletus yang disajikan melalui tayangan video dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan fenomena meletusnya gunung Merapi (IPS); menyaksikan video pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dan mencatat apa saja yang belum
diketahui terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan (untuk IPA), …
Catatan:
Fenomena yang diamati oleh penerima didik sanggup berupa fenomena sebagaimana adanya di alam (pada situasi alami) dan/atau dalam bentuk model, gambar/foto, teks, grafik/tabel, diagram, chart, audio, video, dan/atau animasi.
Menanya
Misal: Peserta didik merumuskan pertanyaan ihwal hal-hal yang belum diketahui terkait dengan meletusnya gunung Merapi (untuk IPS), pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan (untuk IPA), …
Pertanyaan 1: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 2: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 3: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 4: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 5: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 6: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 7: … (pengetahuan prosedural)
Pertanyaan 8: … (pengetahuan metakognitif)
Pertanyaan …
Mengumpulkan informasi/data/mencoba menalar/mengasosiasi mengomunikasikan 1 (misalnya untuk pertanyaan 1, 2, dan 3) Misal IPS: Peserta didik mewawancarai mahir kegunungapian dan/atau membaca buku siswa halaman … untuk mengetahui kapan gunung Merapi meletus (tahun berapa saja dan dalam periode berapa tahunan), korban letusan terdahsyat, dan gejala gunung Merapi akan meletus (fenomena gunung meletus). Kemudian penerima didik menuliskannya pada selembar kertas untuk ditempelkan pada papan pajang pekerjaan penerima didik.
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
1. Guru memfasilitasi penerima didik menciptakan butir-butir tanggapan mengenai ….
2. Guru bersama-sama penerima didik melaksanakan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengamati …, merumuskan pertanyaan, mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara ….
3. Guru guru memberi umpan balik penerima didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
4. Guru memberikan kegiatan berguru yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
5. Guru memberitahukan kegiatan berguru yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu ….
2. Pertemuan Kedua: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
Contoh:
1) Guru mengondisikan suasana berguru yang menyenangkan dengan ….
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3) Guru memberikan kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….
b. Kegiatan Inti (60 menit)
Contoh (Lanjutan dengan Metode Saintifik):
Mengumpulkan informasi/data/mencobamenalar/mengasosiasi mengomunikasikan 2 (misalnya untuk pertanyaan 4 dan 5)
Mengumpulkan informasi/data/mencobamenalar/mengasosiasi mengomunikasikan 3 (misalnya untuk pertanyaan 6) …
· dst.
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
1) Guru memfasilitasi penerima didik (a) menciptakan butir-butir tanggapan mengenai ….
2) Guru bersama dengan penerima didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara ….
3) Guru memberumpan balik penerima didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
4) Guru melaksanakan melakukan penilaian dengan teknik ….
5) Guru memberikan kegiatan berguru yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
Bahasa Indonesia SMP Kelas VII 2017
6) Guru memberitahukan kegiatan berguru yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu ….
3. Pertemuan Ketiga: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
Contoh:
1) Guru mengondisikan suasana berguru yang menyenangkan dengan ….
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3) Guru memberikan kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….
b. Kegiatan Inti (60 menit)
Contoh (dengan Metode Saintifik):
Mengumpulkan informasi/data/mencobamenalar/mengasosiasi mengomunikasikan 4 (misalnya untuk pertanyaan 7 dan 8)
·
Mencipta
Misal: Peserta didik menciptakan petunjuk tindakan menjelang, saat, dan paska letusan gunung api (IPS); merumuskan gagasan pembudidayaan tumbuhan yang cepat pertumbuhan dan perkembangannya (IPA); …
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
1. Guru bersama-sama penerima didik menciptakan butir-butir tanggapan terkait ….
2. Guru bersama-sama penerima didikmelakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara …; serta mencipta

3. Guru melaksanakan penilaian dengan teknik ….
4. Guru memberitahukan pembelajaran remedi, yaitu …
5. Guru memberitahukan pembelajaran agenda pengayaan, yaitu …
6. Guru memberitahukan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu ….
I. Penilaian
2. Teknik penilaian
a. Sikap spiritual
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap spiritual dan tuangkan dalam tabel.
Contoh:


No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan

Observasi
Jurnal
Lihat Lampiran ...
Saat pembelajaran
berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian
pembelajaran
(assessment for and
of learning
)

Penilaian
diri

Lihat Lampiran ...
Saat pembelajaran
usai
Penilaian sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning
)
Penilaian
antar teman

Lihat Lampiran ...
Setelah
pembelajaran usai
Penilaian sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning
)


b. Sikap sosial
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap sosial dan tuangkan dalam tabel.
Contoh:

No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan

Observasi
Jurnal
Lihat Lampiran
...
Saat pembelajaran
berlangsung
Penilaian untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment for and
of learning
)
Penilaian
diri

Lihat Lampiran
...
Saat pembelajaran
usai
Penilaian sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning
)
Penilaian
antar teman

Lihat Lampiran
...
Setelah
pembelajaran usai
Penilaian sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning
)

Bahasa Indonesia SMP Kelas VII 2017
c. Pengetahuan


No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan

Lisan
Pertanyaan
(lisan) dengan
jawaban
terbuka
Lihat Lampiran
...
Saat pembelajaran
berlangsung
Penilaian untuk
pembelajaran
(assessment for
learning
)

Penugasan
Pertanyaan
dan/atau tugas
tertulis
berbentuk
esei, pilihan
ganda, benar
salah,
menjodohkan,
isian, dan/atau
lainnya
Lihat Lampiran
...
Saat pembelajaran
berlangsung
Penilaian untuk
pembelajaran
(assessment for
learning
) dan
sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning
)

Tertulis
Pertanyaan
dan/atau tugas
tertulis
berbentuk
esei, pilihan
ganda, benar
salah,
menjodohkan,
isian, dan/atau
lainnya
Lihat Lampiran
...
Setelah
pembelajaran usai
Penilaian
pencapaian
pembelajaran
(assessment of
learning
)

Portofolio
Sampel
pekerjaan
terbaik hasil
dari
penugasan
atau tes
tertulis

Saat pembelajaran
usai
Data untuk
penulisan
deskripsi
pencapaian
pengetahuan
(assessment of
learning
)

d. Keterampilan


No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan

Praktik
Tugas
(keterampilan)
Lihat
Lampiran ...
Saat pembelajaran
berlangsung
dan/atau setelah
usai
Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau
pencapaian
pembelajaran
(assessment for, as,
and of learning
)

Produk
Tugas
(keterampilan)
Lihat
Lampiran ...
Saat pembelajaran
berlangsung
dan/atau setelah
usai
Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau
pencapaian
pembelajaran
(assessment for, as,
and of learning
)

Proyek
Tugas besar
Lihat
Lampiran ...
Selama atau usai
pembelajaran
berlangsung
Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau
pencapaian
pembelajaran
(assessment for, as,
and of learning
)
Portofolio
Sampel produk terbaik dari
kiprah atau
proyek


Saat pembelajaran usai
Penilaian untuk pembelajaran dan
sebagai data untuk
penulisan deskripsi
pencapaian
keterampilan



……., .............................

Mengetahui
Kepala SMP ......                                                                                 Guru Mata Pelajaran


………………………….                                                                   ……………………..
NIP. ..................................                                                                 NIP …………………

Sumber:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. 2017. Materi Bimbingan Teknis Fasilitator dan Instruktur Kurikulum 2013 Tahun 2017 SMP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kebudayaan
BACA CONTOH RPP K13 REVISI 2017 (INTEGRASI PPK, LITERASI, 4C, HOTS) SMA
BACA CONTOH RPP TERBARU SESUAI PEDOMAN PENYUSUNAN RPP K13 REVISI 2017 SMP
BACA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN K13
BREAKING NEWS
BACA JUKNIS PROGRAM PKB-GURU PEMBELAJAR, MODUL, LK, SOAL

0 Response to "Panduan Penyusunan Rpp Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel