Best Practice Ogn 2016 (Bagian Awal)
BEST PRACTICE
PENINGKATAN KOMPETENSI MENENTUKAN NILAI-NILAI DALAM CERITA RAKYAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG KERTAS PADA SISWA Sekolah Menengan Atas NEGERI 2 BOYOLALI KELAS XI IPA-2 SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Syarat
Mengikuti Olimpiade Guru Nasional Guru (OGN)
Tingkat Nasional Tahun 2016
diajukan oleh :
Nama : Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP : 197207081998011001
NUPTK : 4040750652200013
Nama sekolah : SMA N 2 Boyolali
Kabupaten : Boyolali
Provinsi : Jawa Tengah
PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS PENDIDIKAN
2016
PERNYATAAN KEASLIAN
Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa :
1. Karya tulis ilmiah dalam bentuk best practice : Peningkatan Kompetensi Menentukan Nilai-Nilai dalam Cerita Rakyat dengan Menggunakan Media Wayang Kertas pada Siswa Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali Kelas XI IPA-2 Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah ASLI karya sendiri, bukan jiplakan dari karya orang lain, baik sebagian atau seluruhnya.
2. Pendapat atau temuan orang lain yang terdapat dalam karya tulis ini dikutip atau dirujuk menurut isyarat etik ilmiah.
3. Pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, apabila di kemudian hari terdapat ketidakbenaran dalam pernyataan ini, maka saya bersedia mendapatkan hukuman sesuai hukum yang berlaku.
Boyolali, 10 Oktober 2016
Kepala Sekolah , Penulis,
SMA Negeri 2 Boyolali
Drs. Makno, M.H. Muh Zuhri, S.Pd. M.Pd.
NIP 195708281986031009 NIP 197207081998011001
PERNYATAAN PERPUSTAKAAN
Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala Perpustakaan Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali menyatakan bahwa :
1. Judul Best Practice : Peningkatan Kompetensi Menentukan Nilai-Nilai dalam Cerita Rakyat dengan Menggunakan Media Wayang Kertas pada Siswa Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali Kelas XI IPA-2 Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah karya dari Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd., Guru Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali.
2. Laporan Best Practice tersebut telah kami terima dari yang bersangkutan untuk disimpan dan dimanfaatkan oleh perpustakaan Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali sebagaimana mestinya.
Demikian pernyataan ini dibentuk untuk sanggup dipergunakan sebagaimana mestinya.
Boyolali, 10 Oktober 2016
Kepala Perpustakaan
SMA Negeri 2 Boyolali
Dra. Sri Mardiyati
NIP 196705301994122004
BIODATA PENULIS
1. | Nama | Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. |
2. | NIP | 197207081998011001 |
3. | NUPTK | 4040750652200013 |
4. | Jabatan | Guru Madya |
5. | Pangkat/Gol.Ruang | Pembina /IV-A |
6. | Tempat / tanggal lahir | Boyolali, 8 Juli 1972 |
7. | Jenis Kelamin | Laki-laki |
8. | Agama | Islam |
9. | Pendidikan terakhir | Magister (S-2) Pend. Bahasa Indonesia UNS |
10. | Unit Kerja | SMA Negeri 2 Boyolali |
11. | Alamat Rumah | Karanglo RT 01 RW 02 Wironanggan, Gatak Sukoharjo |
Boyolali, 10 Oktober 2016
Penulis,
Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 197207081998011001
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT yang telah memperlihatkan karunia-Nya sehingga penulis sanggup menuntaskan best practice dengan judul “Peningkatan Kompetensi Menentukan Nilai-Nilai dalam Cerita Rakyat dengan Menggunakan Media Wayang Kertas pada Siswa Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali Kelas XI IPA-2 Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017” yang merupakan hasil dari penelitian tindakan kelas yang penulis lakukan. Best practice disusun dalam rangka mengikuti lomba Olimpiade Guru Nasional (OGN) tahun 2016.
Dalam penyusunan best practice ini, penulis banyak mendapatkan sumbangan dan bimbingan dari banyak sekali pihak. Oleh alasannya itu penulis mengucapkan rasa terima kasih kepada yang terhormat:
1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah;
2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Boyolali;
3. Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali yang telah memberi ijin, kesempatan dan kepercayaan kepada penulis untuk mengadakan penelitian ini seluas-luasnya.
4. Semua rekan guru di Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali, yang telah memperlihatkan sumbangan selama proses penelitian sampai dengan terwujud dalam bentuk best practice ini.
5. Istri dan belum dewasa tercinta yang selalu memberi dukungan doa dan memperlihatkan kekuatan dalam setiap langkah.
6. Semua pihak yang tidak sanggup penulis sebutkan satu persatu yang telah memperlihatkan sumbangan berupa apapun dalam menuntaskan best practice ini.
Penulis menyadari bahwa karya ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan demi perbaikan karya ini.
Boyolali, Oktober 2016
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL …………………………………………………………... i
PERNYATAAN KEASLIAN …………………………………………….… ii
PERNYATAAN PERPUSTAKAAN ………………………………………. iii
BIODATA PENULIS ..................................................................................... iv
KATA PENGANTAR ………………………………………………………. v
DAFTAR ISI ………………………………………………………………... vi
DAFTAR LAMPIRAN ……………………………………………………... vii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah ………………………………………………. 1
B. Rumusan Masalah …………………………………………………….. 4
C. Tujuan ………………………………………………………………… 4
D. Manfaat .................................................................................................. 5
BAB II IMPLEMENTASI BEST PRACTISE
A. Alasan Strategi Pemecahan Masalah ………………………………….. 6
B. Implementasi Strategi Pemecahan Masalah …………………………... 8
C. Hasil atau Dampak yang Dicapai ……………………………………... 11
D. Kendala-Kendala yang Dihadapi ……………………………………… 13
E. Faktor-Faktor Pendukung ……………………………………………... 13
BAB III SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan ………………………………………………………………. 14
B. Saran …………………………………………………………………... 14
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………… 15
BEST PRACTICE BAGIAN ISI BACA DI SINI
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
2. Lembar Kerja Siswa
3. Foto Proses Pembelajaran
4. Jadwal Penelitian
5. Data Nilai Peserta Didik
6. Data Sikap Belajar Peserta Didik
POSTINGAN TERKAIT
BACA BEST PRACTICE OGN 2016 BAGIAN ISI
BACA CONTOH RISALAH AKADEMIK BABAK FINAL OGN 2016 DI SINI
BACA 100 SOAL ONLINE BABAK FINAL MATERI PEDAGOGIK
BACA TES TEORI BABAK FINAL OGN 2017
BACA TES WORKSHOP BAHAN AJAR BABAK FINAL OGN 2017
BACA PERSIAPAN SOAL DAN MATERI LENGKAP OGN DI SINI
BACA CONTOH RISALAH AKADEMIK BABAK FINAL OGN 2016 DI SINI
BACA 100 SOAL ONLINE BABAK FINAL MATERI PEDAGOGIK
BACA TES TEORI BABAK FINAL OGN 2017
BACA TES WORKSHOP BAHAN AJAR BABAK FINAL OGN 2017
BACA PERSIAPAN SOAL DAN MATERI LENGKAP OGN DI SINI
0 Response to "Best Practice Ogn 2016 (Bagian Awal)"
Posting Komentar