-->

Iklan

Sebutkan 2 Perubahan Tanggapan Perang Dunia Ii Yang Kuat Besar Terhadap Politik Luar Negeri Bebas Aktif Indonesia!

Materi Sekolah - Sebutkan 2 Perubahan Akibat Perang Dunia II yang Berpengaruh Besar Terhadap Politik Luar Negeri Bebas Aktif Indonesia! - Salah satu tujuan nasional negara Republik Indonesia ibarat yang tertuang dalam alinea keempat Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yaitu ikut melakukan ketertiban dunia menurut kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial sehingga mau tidak mau kita harus berpartisipasi dalam percaturan internasional. Oleh alasannya yaitu itu, tidak ketinggalan ikut aktif dalam percaturan internasional dengan menerapkan politik luar negeri, yaitu bebas dan aktif.

Politik bebas aktif tidak akan sepenuhnya dipahami kalau tidak mengikuti perkembangan dunia di saat-saat menjelang lahirnya Indonesia merdeka, negara yang dilukiskan oleh Multatuli (Belanda): ”Laksana untaian zamrud yang melingkar-lingkar pada garis khatulistiwa”.

Perang Dunia II yang sudah berakhir mula-mula pecah di Eropa tahun 1939 dan meluas ke tempat Asia Pasifik ketika Jepang menyerang pangkalan Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawai (Desember 1941).

Bagian Perang Dunia II itu dikenal dengan sebutan Perang Pasifik atau Perang Asia Timur Raya. Dalam Perang Pasifik itu, angkatan perang Amerika Serikat di bawah pimpinan Jenderal Mac Arthur dan Laksamana Chester Nimitz berhasil menggulung angkatan perang Jepang kembali ke negaranya.

 Perubahan Akibat Perang Dunia II yang Berpengaruh Besar Terhadap Politik Luar Negeri Beba Sebutkan 2 Perubahan Akibat Perang Dunia II yang Berpengaruh Besar Terhadap Politik Luar Negeri Bebas Aktif Indonesia!

Sementara itu, Laksamana Lord Louis Mountbatten menyerbu Birma dari barat dan bergerak ke Asia Tenggara. Dari Saipan dan Okinawa, Angkatan Udara Amerika Serikat mengebom kota-kota Jepang.

Bom atom pertama dijatuhkan di kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945 dan di kota Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945. Uni Soviet menyatakan perang terhadap Jepang pada tanggal 15 Agustus 1945.

Perang Dunia II telah membawa perubahan pokok dalam situasi internasional. Perubahan yang besar pengaruhnya terhadap politik bebas aktif tersebut, antara lain:
  1. Beralihnya kekuasaan dunia dari Eropa, di satu pihak ke Amerika Serikat dan pihak lain ke Uni Soviet yang lalu menjadi dua kekuatan raksasa dunia.
  2. Perubahan lain yang juga memiliki imbas besar terhadap politik bebas aktif yaitu meledaknya semangat nasionalisme dan antipenjajahan, terutama di Asia Afrika.
Berhubung kedua kekuatan raksasa Amerika dan Uni Soviet memiliki sistem dan kepentingan yang sangat berbeda, dengan sendirinya terdapat perselisihan antara keduanya. Perselisihan itu bergotong-royong mulai tampak ketika Perang Dunia II memasuki babak terakhir, terutama dalam memilih nasib negara-negara yang kalah perang.

Namun, perselisihan itu gres memuncak dengan mahir sesudah berakhirnya perang. Perkembangan hubungan kedua negara raksasa itu dalam masa pascaperang dikenal dengan Perang Dingin yang penuh dengan aneka ketegangan.

Dalam suasana Perang Dingin tersebut kedua kekuatan raksasa itu berlomba-lomba menyusun dan membuatkan kemampuan di semua bidang, baik politik, ekonomi, militer, budaya, maupun propaganda.

Kedua kekuatan itu membagi dunia dalam dua blok yang bersaing satu dengan yang lain dalam menanamkan imbas masing-masing terhadap negara lain di dunia.

Pembagian dunia dalam dua kutub ibarat itu dikenal dengan sebutan bipolaritas, yaitu masing-masing menuntut semoga semua negara di dunia ini menjatuhkan pilihannya pada salah satu blok. Pilihan perilaku ”tidak pro” dianggap ”anti”, sedangkan ”tidak netral” dianggap ”dikutuk”.

0 Response to "Sebutkan 2 Perubahan Tanggapan Perang Dunia Ii Yang Kuat Besar Terhadap Politik Luar Negeri Bebas Aktif Indonesia!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel