-->

Iklan

Apa Saja Tuntutan Mahasiswa Sebagai Jadwal Reformasi?

Materi Sekolah - Apa Saja Tuntutan Mahasiswa sebagai Agenda Reformasi? - Reformasi merupakan suatu perubahan tatatan perikehidupan usang ke tatanan perikehidupan gres yang lebih baik. Gerakan reformasi yang terjadi di Indonesia pada tahun 1998 merupakan suatu gerakan yang bertujuan untuk melaksanakan perubahan dan pembaruan, terutama perbaikan tatanan perikehidupan dalam bidang politik, ekonomi, hukum, dan sosial. Dengan demikian, gerakan reformasi telah mempunyai formulasi atau gagasan wacana tatanan perikehidupan gres menuju terwujudnya Indonesia baru.

Gerakan reformasi merupakan sebuah usaha alasannya hasil-hasilnya tidak sanggup dinikmati dalam waktu yang singkat. Hal ini sanggup dimaklumi alasannya gerakan reformasi mempunyai agenda pembaruan dalam segala aspek kehidupan. Oleh alasannya itu, semua agenda reformasi mustahil dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan dan dalam waktu yang singkat.

Agar agenda reformasi sanggup dilaksanakan dan berhasil dengan baik, maka perlu disusun seni administrasi yang tepat, seperti:
  1. Menetapkan prioritas, yaitu memilih aspek mana yang harus direformasi lebih dahulu dan aspek mana yang direformasi kemudian.
  2. Melaksanakan kontrol biar pelaksanaan reformasi sanggup mencapai tujuan dan target secara tepat.

 Apa Saja Tuntutan Mahasiswa sebagai Agenda Reformasi Apa Saja Tuntutan Mahasiswa sebagai Agenda Reformasi?

Reformasi yang tidak terkontrol akan kehilangan arah, dan bahkan cenderung menyimpang dari norma-norma hukum. Dengan demikian, keinginan reformasi untuk memperbaiki kehidupan masyarakat Indonesia akan gagal.

Persoalan pokok yang mendorong atau menyebabkan lahirnya gerakan reformasi yaitu kesulitan warga masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok.

Harga-harga sembilan materi pokok (sembako), menyerupai beras, terigu, minyak goreng, minyak tanah, gula, susu, telur, ikan kering, dan garam mengalami kenaikan yang tinggi. Bahkan, warga masyarakat harus antri untuk membeli sembako itu.

Sementara, situasi politik dan kondisi ekonomi Indonesia semakin tidak menentu dan tidak terkendali. Harapan masyarakat akan perbaikan politik dan ekonomi semakin jauh dari kenyataan. Keadaan itu menyebabkan masyarakat Indonesia semakin kritis dan tidak percaya terhadap pemerintahan Orde Baru.

Pemerintahan Orde Baru dinilai tidak bisa membuat kehidupan masyarakat yang adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan menurut Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Oleh alasannya itu, tujuan lahirnya gerakan reformasi yaitu untuk memperbaiki tatanan perikehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Agenda reformasi yang disuarakan para mahasiswa meliputi beberapa tuntutan, seperti:
  1. Adili Suharto dan kroni-kroninya,
  2. Laksanakan amandemen Undang-Undang Dasar 1945,
  3. Penghapusan Dwi Fungsi ABRI,
  4. Pelaksanaan otonomi tempat yang seluasluasnya,
  5. Tegakkan supremasi hukum,
  6. Ciptakan pemerintahan yang higienis dari KKN.

0 Response to "Apa Saja Tuntutan Mahasiswa Sebagai Jadwal Reformasi?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel