-->

Iklan

Latihan Soal Ips Bahan Berakhirnya Masa Orde Gres Dan Lahirnya Reformasi

Materi Sekolah - Latihan Soal IPS Materi Berakhirnya Masa Orde Baru dan Lahirnya Reformasi - Berikut ini rujukan soal latihan dilengkapi dengan kunci tanggapan mata pelajaran IPS materi Berakhirnya Masa Orde Baru dan Lahirnya Reformasi, sebagai referensi:

Soal Uraian:
  1. Apa yang dimaksud dengan reformasi?
  2. Sebutkan sebab-sebab lahirnya gerakan reformasi!
  3. Sebutkan rujukan krisis ekonomi pada periode orde baru!
  4. Apa yang dimaksud dengan krisis multidimensional?
  5. Mengapa Presiden Suharto alhasil mengambil keputusan untuk mengundurkan diri?

Jawaban soal uraian:

Latihan Soal IPS Materi Berakhirnya Masa Orde Baru dan Lahirnya Reformasi  Latihan Soal IPS Materi Berakhirnya Masa Orde Baru dan Lahirnya Reformasi

  1. Reformasi yakni gerakan tabiat yang bertujuan untuk menata perikehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berda-sarkan Pancasila, serta mewujudkan pemerintahan yang higienis dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).
  2. Beberapa alasannya lahirnya gerakan reformasi yakni krisis moneter, ekonomi, politik, hukum, sosial, budaya, dan dogma terhadap pemerintahan Presiden Suharto.
  3. Nilai tukar rupiah terus merosot. Para investor banyak yang menarik investasinya. Inflasi mencapai titik tertinggi dan pertumbuhan ekonomi mencapai titik terendah selama pemerintahan Orde Baru. Kehidupan politik hanya kepentingan para penguasa. Hukum dan forum peradilan tidak sanggup menjalankan fungsi dan perannya.
  4. Pengangguran dan kemiskinan terus meningkat. Nilai-nilai budaya bangsa yang luhur tidak sanggup dilaksanakan secara konsisten dan konsekuen. Kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara telah hingga pada titik yang paling kritis. Oleh lantaran itu, krisis kehidupan masyarakat Indonesia sering disebut sebagai krisis multidimensional.
  5. Untuk mengatasi krisis tersebut, pemerintah Orde Baru telah berusaha dengan mengajak para tokoh nasional menyerupai Gus Dur, Cak Nur, Sri Sultan, dan sebagainya. Namun, tokoh-tokoh nasional itu menolak. Oleh lantaran itu, Presiden Suharto mengambil keputusan untuk mengundurkan diri sebagai Presiden RI. Kondisi pemerintah Orde Baru sudah tidak sesuai dengan semboyan yang didengungkan semenjak awal.

0 Response to "Latihan Soal Ips Bahan Berakhirnya Masa Orde Gres Dan Lahirnya Reformasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel