Model Pembelajaran Persoalan Based Learning
Contoh Tahap Pembelajaran Problem Based Learning
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XII/1
Materi Pokok : Teks Cerita Sejarah
Sub Materi : Pemodelan Teks Cerita Sejarah
A. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi A.2 Menganalisis teks dongeng sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan dongeng fiksi dalam novel baik melalui verbal maupun tulisan
Indikator:
1) Menelaah kelemahan atau kesalahan struktur teks laporan hasil observasi baik melalui verbal maupun tulisan
2) Menelaah kelemahan atau kesalahan kaidah teks laporan hasil observasi baik melalui verbal maupun tulisan.
3) Menelaah kelemahan atau kesalahan isi teks laporan hasil observasi baik melalui verbal maupun tulisan
B. Langkah-langkah Pembelajaran
Tahapan Pokok | Kegiatan Pembelajaran |
A. Orientasi siswa pada Masalah | 1. Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran 2. Peserta didik membaca referensi teks dongeng sejarah yang kurang baik dan menyimak klarifikasi terhadap permasalahan tersebut 3. Peserta didik menunjukkan jawaban dan pendapat terhadap permasalahan tersebut |
B. Mengorganisasi siswa dalam belajar | 4. Peserta didik membentuk kelompok berguru sesuai instruksi guru dengan mempertimbangkan kemampuan akademik dan gender |
C. Membimbing penyelidikan siswa secara sanggup bangun diatas kaki sendiri atau kelompok | 5. Peserta didik membaca teks dongeng sejarah yang tidak baik dengan cermat 6. Peserta didik dengan difasilitasi dan dibimbing guru menelaah dan mendiskusikan kelemahan teks dongeng sejarah dari segi struktur, kaidah, dan isi |
D. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | 7. Peserta didik menjawab permasalahan yang telah diidentifikasi, khususnya mengenai kelemahan struktur, kaidah, dan isi teks dongeng sejarah 8. Peserta didik mempresentasikan atau menyajikan laporan pembahasan hasil temuan atau hasil diskusi dan penarikan kesimpulan di depan kelas |
E. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah | 9. Peserta didik dalam kelompok lain mengevaluasi atau 10. Menanggapi 11. Peserta didik dengan dibimbing guru melaksanakan simpulan 12. Guru melaksanakan penilaian hasil berguru mengenai bahan yang telah dipelajari |
0 Response to "Model Pembelajaran Persoalan Based Learning"
Posting Komentar