-->

Iklan

Soal Kompetensi Pedagogik Prinsip-Prinsip Pembelajaran


KOMPETENSI INTI GURU: MENGUASAI TEORI BELAJAR DAN PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN YANG MENDIDIK

1.       Peserta didik sanggup berguru jikalau dia tidak hanya mengamati secara eksklusif tetapi dia harus menghayati, terlibat eksklusif dalam perbuatan, dan bertanggung jawab terhadap hasilnya.

Hal ini sesuai dengan prinsip belajar….

A.      Pengulangan

B.      Keterlibatan langsung

C.      Penguatan

D.      Keaktifan

2.       Seorang guru selalu menunjukkan apresiasi atau penghargaan berupa nilai yang baik dan  kata-kata faktual terhadap keberhasilan akseptor didik dalam pembelajaran. Hal itu dilakukan alasannya menurut pengalamannya nilai yang baik dan kata-kata faktual sanggup menciptakan siswa lebih ulet belajar.

Guru tersebut telah menerapkan prinsip pembelajaran….

A.      Perhatian dan motivasi

B.      Perbedaan individual

C.      Tantangan

D.      Balikan atau penguatan

3.       Dalam mempersiapkan siswa menghadapi Ujian Nasional, seorang guru menunjukkan beberapa kali latihan soal kepada siswa. Guru berharap akan terjadi peningkatan penguasaan oleh siswa terhadap bahan pembelajaran dengan latihan yang dilaksanakan tidak hanya sekali.

Guru tersebut menerapkan prinsip pembelajaran…

A.      Penguatan atau balikan

B.      Perhatian dan motivasi

C.      Pengulangan

D.      Tantangan

Pembahasan

Prinsip-Prinsip Pembelajaran

ü  Perhatian dan Motivasi: Tanpa adanya perhatian tak mungkin terjadi belajar. Motivasi ialah tenaga yang menggerakkan dan mengarahkan acara seseorang.

ü  Keaktifan: Belajar hanya mungkin terjadi apabila anak aktif mengalami sendiri.

ü  Keterlibatan langsung/Berpengalaman: berguru yang paling baik ialah berguru melalui pengalaman langsung.

ü  Pengulangan: berguru ialah pembentukan korelasi antara stimulus dan respons, dan pengulangan terhadap pengalaman-pengalaman itu memperbesar peluang timbulnya respons benar.

ü  Tantangan: Tujuan dan kendala dalam berguru menunjukkan motif kepada siswa untuk mengatasi kendala dan meraih tujuan belajar

ü  Balikan atau Penguatan: Kata-kata yang faktual dan nilai yang baik itu mendorong anak untuk berguru lebih ulet lagi. Pujian dan nilai yang baik sanggup merupakan operant conditioning atau penguatan positif.

ü  Perbedaan Individual: Siswa merupakan individual yang unik artinya tidak ada dua orang siswa yang sama persis, tiap siswa mempunyai perbedaan satu dengan yang lainnya.

Untuk memperdalam pemahaman wacana prinsip-prinsip pembelajaran
Baca Ringkasan Materi Pedagogik Prinsip-Prinsip Pembelajaran
 

0 Response to "Soal Kompetensi Pedagogik Prinsip-Prinsip Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel