-->

Iklan

Rumus Dasar Microsoft Excel Dan Penggunaannya

Rumus dasar microsoft excel – Microsoft excel ialah salah satu prodak dari Microsoft, yang terdapat dalam Microsoft office. mungkin bagi sahabat Microsoft excel ini bukanlah hal yang gila lagi, terutama bagi mereka yang memang sering bergelut dalam hitung menghitung uang.

Di kesempatan kali ini saya hanya akan sedikit share pengalaman saya memakai Microsoft excel ini untuk keperluan hitung menghitung uang. Saya rasakan sendiri dengan adanya Microsoft excel ini pekerjaan saya sangat terbantu sekali. Karena memang dalam Microsoft excel ini terdapat rumus-rumus matematika yang sanggup kita manfaatkan untuk melaksanakan perhitungan.

Bagi sahabat yang gres mengenal Microsoft excel ini dan ingin juga mencoba memanfaatkan rumus-rumus yang terdapat dalam Microsoft excel untuk keperluan hitung-menghitung, yuk kita simak rumus-rumus dasar Microsoft excel ini. Tutorial ini cocok untuk yang bekerja sebagai bendahara. Bendaharan kecil-kecilan lah yang biasa pegang duit orang.

Rumus dasar microsotf excel

Sebelum kita mengguanakan Microsoft excel ini untuk urusan hitung menghitung uang, terlebih dahulu sahabat harus mengetahui rumus dasar Microsoft excel ini. Bagi yang sudah hafal dilewat aja, bagi yang gres silahkan disimak baik-baik rumus dasar Microsoft excel di bawah ini.

Rumus
Arti Rumus
Contoh penggunaan
Hasil (Enter)
*
Perkalian
=98*4
392
/
Pembagian
=392/4
98
-
Pengurangan
=1989-89
1900
+
Penjumlahan
=1989+25
2014
^
Pangkat
=12^3
1728
%
Persen
=89000*30%
26700
( )
Pengelompokan
=(2+12)*24
336

Untuk penggunaannya terlebih dahulu harus didahului oleh karakter sama dengan (=) , yang harus di perhatikan lagi ialah setiap angka dihentikan memakai titik (.) atau Rp atau abjad lainnya. Perhatikan tumpuan pada kolom persen penulisan yang benar ialah 89000 bukan 89.000 juga bukan Rp. 89.000,-

Penggunaan rumus Microsoft excel dalam pengolahan tabungan sederhana

Dalam pengolahan tabungan sederhana, kita tidak perlu selalu menulis angka uang untuk menjumlah atau mengurangi tabungan. Ini sanggup dilakukannya secara otomatis dengan hanya memasukan rumus-rumus Microsoft excel. lebih jelasnya silahkan lihat dalam tutorial video dibawah artikel ini. sibat niscaya akan dengan gampang memahaminya.

Rumus perhitungan saldo dikala ada tabungan masuk

 Microsoft excel ialah salah satu prodak dari Microsoft Rumus dasar microsoft excel dan penggunaannya + video
Cara melaksanakan perhitungan saldo dikala ada tabungan yang masuk ialah klik kolom F3 yang saya tandai merah, kemudian klik =F2 (saldo terakhir)+D3 (tabungan masuk) lalu klik enter maka balasannya ialah 1577500 (Rp. 1.577.500,-)

Rumus perhitungan saldo dikala ada tabungan keluar

 Microsoft excel ialah salah satu prodak dari Microsoft Rumus dasar microsoft excel dan penggunaannya + video
Cara melaksanakan perhitungan saldo dikala ada tabungan yang keluar ialah klik kolom F5 yang saya tandai merah, kemudian klik =F4 (saldo terakhir)-E5 (tabungan keluar) lalu klik enter maka balasannya ialah 1377500 (Rp. 1.377.500,-)

Rumus perhitungan jumlah tabungan masuk/bulan

 Microsoft excel ialah salah satu prodak dari Microsoft Rumus dasar microsoft excel dan penggunaannya + video
Cara melaksanakan perhitungan jumlah tabungan masuk/bulan ialah klik kolom D8 yang saya tandai merah, kemudian klik =F2+D3+D4+D6 (seluruh kolom tabungan masuk) lalu klik enter maka balasannya ialah 1777500 (Rp. 1.777.500,-)

Rumus perhitungan jumlah tabungan keluar/bulan

 Microsoft excel ialah salah satu prodak dari Microsoft Rumus dasar microsoft excel dan penggunaannya + video
Cara melaksanakan perhitungan jumlah tabungan keluar/bulan ialah klik kolom E8 yang saya tandai merah, kemudian klik =E5+E7 (seluruh kolom tabungan keluar) lalu klik enter maka balasannya ialah 315000 (Rp. 315.000,-)

Rumus perhitungan jumlah saldo/bulan

 Microsoft excel ialah salah satu prodak dari Microsoft Rumus dasar microsoft excel dan penggunaannya + video
Cara melaksanakan perhitungan jumlah saldo/bulan ialah klik kolom F8 yang saya tandai merah, kemudian klik =D8 (jumlah tabungan masuk/bulan) +E8 (jumlah tabungan keluar/bulan) lalu klik enter maka balasannya ialah 1462500 (Rp. 1.462.500,-)

Demikian pengalaman saya memakai rumus Microsoft excel dalam keperluan perhitungan tabungan. Silahkan sahabat kembangkan sendiri, semoga bermanfaat.

0 Response to "Rumus Dasar Microsoft Excel Dan Penggunaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel